Thursday, June 13, 2013

10 Tips Belajar supaya cepat Pintar

GaptekPoll | 10 Tips Belajar supaya cepat Pintar - Pernahkah anda belajar mendadak karena ada ujian yang tiba-tiba?, hal itu memang sangat tidak efektif. Paling tidak harus ada waktu 1 bulan untuk belajar sebelum ulangan, ini adalah hal ideal untuk mempelajari pelajaran yang akan di bahas. Dan berikut ini adalah beberapa cara Efektif belajar supaya cepat Pintar.


1. Belajar Memahami bukan Menghafal.
Ya, memang. Fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah untuk memahami hal-hal baru. Kita bisa saja menghafal 100% semua pelajaran, tapi yang terpenting apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materia yang akan dibahas nanti?. So? sebelum menghafal kita harus memahami dulu.

2. Membaca adalah kunci Belajar.
Supaya bisa cepat paham, minimal bacalah materi baru beberapa kali dalam sehari.

3. Mencatat pokok pelajaran yang penting.
Jangan mencatat semua tulisan dan pelajaran yang akan dibahas, tapi catatlah hal-hal yang memang anda anggap penting, ambil intisari atau kesimpulan dari pelajaran yang anda baca.

4. Hapalkan dan Pelajari Kata Kunci.
Terkadang, mau tidak mau kita harus belajar menghapal dan mempelajari materi-materi pelajaran yang cukup banyak, sebenarnya hal ini bisa di siasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah di ingat pada saat otak kita mengingatnya. Contohnya adalah nama-nama warna pelangi seperti MEJIKUHIBINIU yang artinya MERAH, JINGGA, KUNING, HIJAU, BIRU, NILA DAN UNGU.

5. Pilih waktu belajar yang tepat.
Waktu belajar yang paling efektif dan efisien adalah waktu pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lho!. Tapi biasanya, di pagi hari adalah waktu yang sangat tepat untuk berkonsentrasi.

6. Bangun suasana belajar yang nyaman.
Banyak sekali hal yang bisa membuat suasana belajar menjadi nyaman. salah satunya dengn kita mendengarkan lagu atau hal semacamnya yang membuat mood kita naik kembali.

7. Bentuk Kelompok belajar.
Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.

8. Melatih kemampuan.
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.

9. Mengembangkan dan Mengexplor materi yang sudah di pelajari.
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.

10. Sediakan waktu istirahat.
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Itulah beberapa tips dari saya, semoga dapat berguna dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment