Saturday, August 10, 2013

5 Tips Ampuh Merawat Layar Sentuh Supaya Awet

tips merawat layar sentuh

Tips Merawat Touchscreen - Kali ini saya mau coba share tips dan trick merawat layar sentuh biar tetap awet. Smartphone, tablet, atau perangkat pintar lainnya yang beredar di pasaran saat ini kebanyakan memang sudah mengusung spesifikasi berupa touch screen atau layar sentuh.

Memang layar sentuh ini nampaknya sudah menjadi spesifikasi bawaan wajib dari sebuah perangkat pintar. Terlihat jika mayoritas perangkat pintar baik buatan produsen besar hingga produsen lokal sudah menggunakan layar sentuh baik WVGA, WQVGA, TFT, ataupun teknologi lainnya.

Namun, tahukah Anda bagaimana memperlakukan layar sentuh gadget yang Anda miliki agar awet dan selalu dalam performa terbaiknya?

Berikut 5 tips merawat layar sentuh gadget kesayangan.

1. Gunakan pelindung layar


Pelindung layar atau screen guard memang menjadi salah satu aksesoris tambahan untuk gadget layar sentuh yang wajib Anda miliki.

Screen guard ini memiliki fungsi sebagai pelindung permukaan layar sentuh gadget Anda baik dari debu atau benda tajam yang bisa menggores permukaan layar sentuh gadget. Screen guard ini juga banyak tersedia di toko aksesoris gadget dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Hindari air dan sinar matahari langsung

Sinar matahari dan air merupakan dua elemen yang dapat memperpendek umur layar sentuh gadget Anda jika bersentuhan langsung.

Sebisa mungkin hindarkan gadget Anda dari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan gadget Anda dari air terkecuali gadget Anda telah memiliki sertifikasi IP57 yang menunjukkan gadget Anda tahan air dan debu.

3. Jangan kantongi gadget Anda

Menaruh gadget seperti di smartphone di kantong celana apalagi celana ketat akan menimbulkan tekanan yang terus menerus ke bidang layar sentuh smartphone Anda.

Hal ini tentu akan berdampak buruk pada layar sentuh gadget Anda jika terjadi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

4. Gunakan jari bukan kuku

Smartphone atau tablet yang beredar di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan sensitivitas yang baik. Jadi Anda tidak perlu menggunakan kuku untuk menggeser display layar sentuh Anda, cukup gunakan ujung jari dengan tekanan sewajarnya.

5. Jauhkan gadget dari medan magnetik

Untuk menjaga kualitas sensitivitas layar sentuh, jauhkan layar sentuh dari benda dengan medan magnetik seperti televisi dan radio.

Sekiranya hanya itu saja tips dan trick kali ini yang dapat saya bagikan tentang Tips Merawat Touchscreen / Layar Sentuh.

Selamat mencoba dan segoma bermanfaat.

No comments:

Post a Comment