Friday, August 23, 2013

Cara Mengatasi Handphone Android Yang Lemot

Cara Mengatasi Handphone Android Yang Lemot

Cara Mengatasi Handphone Android Yang Lemot - Dari segi performa dan desain, Handphone Android atau ponsel-ponsel pintar lainnya memang lebih unggul ketimbang ponsel biasa. Namun Handphone ya tetap saja Handphone, Android juga bisa menggalami kejadian seperti lemot, lambat atau bahkan hang. Terutama pada Handphone Android yang memiliki spek rendah, kejadian seperti ini akan rawan sekali terjadi.

Lemot atau Lelet sering kali menjadi batasan-batasan kita, Yang menyebabkan Handphone Andriod jadi Lemot banyak sekali, seperti kalau dipakai untuk menulis sms, Handphone Android kalian terasa lemot dalam meresponnya. Hal seperti ini terjadi biasanya sih karena Handphone Android kalian terlalu banyak "Cache" di memori internal Handphone Android kalian, bisa juga kalian menginstal game yang berukuran besar seperti Angry Bird, atau bisa juga karena kalian menjalankan banyak aplikasi-aplikasi dalam waktu bersamaan.

Berikut ini adalah beberapa tips dari saya untuk Mengatasi Handphone Android yang lemot atau lambat agar Handphone Android kalian tetap Fast Respond, Stabil dan tetap menjadi Handphone Android kesayangan kalian.

1. Hapus Cache Pada Memori Internal
Yang paling sering membuat Android menjadi lambat atau lamot adalah karena terlalu banyaknya "Cache" yang terismpan di memori sistem Hp. Hal ini biasanya kurang disadari oleh para pengguna Hp Android, bahwa sebenernya Hp mereka menyimpan "Cache" yang setiap saat akan terus bertambah dan akan membuat kinerja Hp menjadi semakin lambat.

Untuk mengatasi masalah ini tidaklah begitu sulit, sobat bisa gunakan aplikasi History Eraser untuk menghapus cache-cache yang tersimpan di Hp Android sobat. Cara menggunkannya pun sangat mudah, cukup buka aplikasinya dan klik "Clean Selected" dan cache-cache yang tersimpan di hp Android sobat akan terhapus dengan sendirinya.


2. Cara Atasi HP Android Lemot Dengan Tidak Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan
Android memang mempunyai kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi favorit kalian dalam waktu bersamaan, atau bahasa kerennya "Multi Tasking". Kalian jangan senang dulu dengan fitur ini kalau Handphone Android kalian mempunyai spesifikasi rendah dan kalian terlalu banyak menjalankan aplikasi dalam waktu bersamaan, biasanya akan membuat kinerja hp kalian menjadi lemot. Solusinya, ya pasti kalian jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi hp Android kalian (Multi Tasking).

3. Jangan Gunakan Live Wallpaper
Penggunaan Live Wallpaper merupakan salah satu penyembab mengapa Android menjadi lambat. Jadi, sebagai gantinya sobat bisa gunakan Wallpaper biasa saja, Contoh gambar yang membuat Andriod menjadi lemot berformat GIF, gunakanlah extensi gambar yang berformat JPG, PNG, JPEG dll.

4. Cara Atasi HP Android Lemot Dengan Menginstal Aplikasi di Memori External
Memori internal yang kelebihan beban juga menjadi salah satu penyebab Android menjadi lambat atau lemot. Jadi, usahakanlah untuk menyimpan file-file yang berukuran besar di memori external saja.

Silahkan dicoba sob, semoga bermanfaat.

Sumber :

- http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2013/08/18/tips-cara-mengatasi-handphone-android-yang-lemot-atau-lambat-585047.html
- http://kumpulantipshebat.blogspot.com/2013/08/tips-cara-mengatasi-handphone-android.html

No comments:

Post a Comment